TUMPENGAN PANCASILA, SULTAN LESEHAN BERSAMA RAKYAT

Tol Laut: Wujud Konektivitas Transportasi Laut Sebagai Solusi Menuju Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
30 Juli 2018
MALAM PUNCAK BULAN PANCASILA
26 Agustus 2018

KITA PANCASILA.COM, YOGYAKARTA – Panitia Bersama Bulan Pancasila 2018 berencana menggelar acara kolosal dahar kembul bersama Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa Wage (7/8) pukul 18.00 di sepanjang Malioboro Yogyakarta.

Dahar kembul menyajikan ratusan nasi tumpeng yang berasal dari sumbangan kalangan masyarakat. Sumbangan ini merupakan wujud implementasi nilai kegotong royongan dari masyarakat.

Dhahar Kembul Kita Pancasila bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak partisipasi seluruh masyarakat di DIY

Tumpeng dipilih lantaran menggambarkan simbolisasi dari filosofi luhur budaya Jawa yakni Manunggaling Kawula lan Gusti. Kehadiran Ngarsa Dalem dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah DIY serta Forkominda Kabupaten Kota duduk lesehan di Malioboro bersama rakyat adalah bentuk nyata _golong gilig saiyeg saeko kapti_ antara pimpinan dan masyarakat. Harapannya pemimpin semakin dapat mendengar dan mewujudkan amanat hati nurani rakyat.
Pelaksanaan acara dahar kembul sengaja dipilih bertepatan dengan hari Selasa Wage (7/8), sebab pada hari itu selama satu hari penuh aktivitas perdagangan kaki lima di Malioboro libur. Rehatnya aktivitas perdagangan ini kiranya dapat dimaknai sebagai momentum penyeimbang agar atmosfir Malioboro tidak melulu dijejali aktivitas perniagaan melainkan juga perlu diselaraskan dengan ekspresi dan artikulasi yang dimuati nilai-nilai kebudayaan.