Tol Laut: Wujud Konektivitas Transportasi Laut Sebagai Solusi Menuju Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sarasehan Menggali Tuladha Pengamalan Pancasila, Perkuat Implementasi Nilai-Nilai Pancasila
23 Juli 2018
TUMPENGAN PANCASILA, SULTAN LESEHAN BERSAMA RAKYAT
3 Agustus 2018

Menhub Budi Karya Program Tol Laut Berjalan Baik

Deklarasi dan Resmikan Gedung

Dalam kesempatan yang sama, program tol laut mendapat dukungan dari Pelaku Pendidikan Pelayaran dan Masyarakat Transportasi Laut Indonesia. Dukungan tersebut lewat sebuah deklarasi berikut ini:

Kami segenap Pelaku Pendidikan Pelayaran dan Masyarakat Transportasi Laut Indonesia, “Mendukung program tol laut, menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam upaya menciptakan, masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan, sebagaimana diamanatkan sila ke-5 Pancasila.

Dr. Wegig Pratama selaku Direktur AMY yang memimpin deklarasi mengatakan deklarasi ini penting bagi masyarakat pendidikan kemaritiman. Pasalnya apabila program tol laut berjalan baik, banyak lulusan kemaritiman yang bisa mengabdi ke sana.

Program tol laut mendapat dukungan dari Pelaku Pendidikan Pelayaran dan Masyarakat Transportasi Laut Indonesia, melalui deklarasi tol laut (Foto: Fajrin)

“Lulusan saya itu ya di situ itu. Kalau tol laut dibangun kan banyak pelabuhan dibangun otomatis kan saya bisa mendistribusikan lulusan saya ke situ. Saya melihat aspek itu. Di samping aspek lain itu alat transportasi memindahkan barang untuk mengurangi disparitas kan penting. Kami komitmen ini harus jalan,” sebutnya.

Pascadeklarasi, Budi Karya meresmikan gedung KM Baruna yang jadi tempat perkuliahan AMY. Ia juga menjajal fasilitas laboratorium simulator yang dimiliki AMY. Fasilitas yang ada tersebut menurut Budi sudah bagus.

“Saya pikir sudah sama bagusnya dengan sekolah-sekolah yang ada di luar (negeri). Ditandai dengan banyaknya siswa-siswa sini yang mendapat kesempatan bekerja di dalam dan di luar negeri. Saya pikir sudah bagus. Yang penting lagi adalah kita tetap semangat dan punya confident untuk mendidik anak-anak kita,” jelas Budi.

[Naskah asli: Kagama.co, Penulis: Fajrin]